Winamp dihentikan 20 Desember 2013

winamp_byebyeWinamp akan secara resmi dihentikan pada 20 Desember tahun ini. AOL sebagai pemilik salah satu media player terpopuler ini belum mengungkapkan alasan dibalik penghentian layanan tersebut.

Dilansir Softpedia, Kamis (21/11/2013), AOL mengumumkan keputusannya dalam sebuah pernyataan singkat di website resmi Winamp.com Media player ini tidak akan bisa diunduh pada tanggal yang telah ditentukan bulan depan.

“Winamp.com dan layanan web terkait tidak akan lagi tersedia setelah 20 Desember 2013. Selain itu, media player Winamp tidak akan bisa lagi diunduh. Jadi silahkan unduh versi terbaru sebelum tanggal tersebut. Terimakasih atas dukungan semuanya untuk Winamp selama lebih dari 15 tahun,” demikian isi pemberitahuan tersebut.

Winamp sangat populer pada era tahun 1990-an sampai 2000 awal. Ketika itu, layanan internet Winamp paling banyak digunakan untuk musik dan radio. Tapi, saat iTunes dan Windows Media Player merambah dunia web, popularitas Winamp semakin ambruk.

Winamp pertama kali diluncurkan pada tahun 1997, pembuatnya adalah dua mahasiswa dari University of Utah, AS, Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Winamp langsung menjadi populer ketika mengeluarkan layanan file sharing MP3.
Winamp sebenarnya terus mengembangkan layanannya untuk bersaing dengan pemutar musik lainnya. Itu terbukti ketika AOL mengakuisisi Nullsoft (perusahaan pembuat Winamp) pada bulan Juni 1999 sebesar US$80 juta.

Pada Juni 2000, Winamp memiliki 25 juta pengguna terdaftar. Sayangnya, jumlah pengguna dilaporkan menurun secara drastis sejak saat itu.

Pada tahun 2011, Winamp pun telah merilis platform untuk perangkat Android dam Mac. Tapi sayang, itu terlambat. Para pengguna Winamp sudah lebih dulu pindah ke platform pemutar musik lain.

Awal kehancuran Winamp mulai terasa pada ulang tahunnya yang ke-10 di tahun 2007. Saat itu, banyak penggunanya yang mulai beralih ke layanan musik digital yang lebih modern.

Menurut catatan, Winamp versi 5.55 yang dirilis pada tahun 2009 lalu adalah yang paling baik. Banyak media yang memberikan rating tinggi untuk Winamp 5.55, karena desain antarmuka yang ramping, sudah menampilkan informasi artis/band, peningkatan audio dan video playback.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti alasan keputusan mengejutkan ini. Namun laporan yang beredar yaitu karena manajemen yang buruk setelah pengembangan aplikasi ini diambil alih oleh AOL.

Kalaupun ditutup dan ada iTunes di desktop,
teteup Winamp tak tergantikan di PC/lappie gue.😀
Loe sendiri gimana?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: