Menghindari Gangguan Mata akibat Radiasi Monitor Komputer

Apakah anda tau bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan monitor komputer bisa mengganggu kesehatan?
Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi monitor komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya.

Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

Nah buat Anda yang kebanyakan aktivitasnya adalah di depan komputer, lindungi dan rawatlah mata Anda dari radiasi yang ditimbulkannya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

1. Pakai pelindung layar komputer / filter untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.

2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).

3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.

Menurut American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomis. Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci.

5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.
Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu, cobalah sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca mata.

6. Istirahatkan mata sejenak.
Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.
Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.

8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Seperti pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca.
(Udah banyak optik menyediakan lensa kacamata jenis ini. Saya sendiri udah pake sejak beberapa tahun lalu.)

Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. Menurut Dr. Jay Schlanger, Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain.

9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.

sumber : detikinet.

Semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anda.

16 Responses to Menghindari Gangguan Mata akibat Radiasi Monitor Komputer

  1. ARIES says:

    gimna ya cara hilangin mta lelah …?

  2. Hendra says:

    Apa sih dampak terburuk dari radiasi monitor…? Trus bgaimana cara memilih monitor yang radiasinya rendah

  3. @ARIES
    mungkin yg paling efektif, ya rebahan + meremin mata sebentar.. sambil denger lagu yang bikin relaks.๐Ÿ˜€ atau tidur skalian null hehe..๐Ÿ™‚

    @Hendra
    waduh dampak terburuknya apaan ya..
    yah klo yang udah berkacamata, min nya nambah terus bro hendra..๐Ÿ˜€ hehe..
    ada yg pakar kesehatan mata gak disini? mungkin bisa bantu jawab๐Ÿ™‚

    utk monitor radiasi rendah..
    mungkin pakai layar LCD aja bro.. seperti yang udah disebutkan diatas.
    layar LCD radiasinya rendah. Dibeberapa media juga pernah ada yang bahas dampak radiasi antara LCD & monitor CRT.
    tapi saya lupa sumbernya saya pernah baca dimana.

  4. retaataa says:

    wah…masalah radiasi monitor saya dah kena dampaknya. sekarang saya, eh mata saya minus setengah. apa ga menakutkan.. berhati-hatilah!!!

  5. rahmawati says:

    Ok, i really need this info. Thank u so much!

  6. @rahmawati
    thank’s samaยฒ…๐Ÿ˜‰

  7. diah says:

    thanks ya atas sarannya…
    Saya akan mencobanya
    sebab saya hampir setiap hari dalam satu hari banyak berhadapan dengan komputer………….

  8. #21 says:

    kalo ga maw behenti maen komputer gimana tuh caranya?
    zzzz

  9. Ben Brilianto says:

    Trima kasih infonya, semoga kalo gak perlu banget mengurangi pemakaian komputer, apalagi hanya utk FB

  10. mei says:

    wah….terima kasih ya atas infonya….
    soalnya radiasi dari monitorkan dapat merusak mata…..

  11. Ardi says:

    thank’s bro info nya:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: